Selasa, 12 September 2017

Cara Mudah Membersihkan Dapur

Cara membersihkan dapur
Dapur adalah tempat yang paling banyak atau sering digunakan di seluruh rumah. Oleh karena itu, Ruang ini (dapur) harus tetap bersih dan menyenangkan, tapi kadang mengalami kesulitan untuk menjaga kebersihan tersebut.
Berikut adalah tips atau membersihkan dapur yang tidak akan menguras tenaga Anda. 

1. Membersihkan tempat sampah

Meski sampah sudah dibuang setiap hari, kadang tempat sampah masih mengeluarkan bau busuk. Tentu bau tempat sampah ini akan membuat tamu mengernyitkan kening jika ruang tamu berdekatan dengan dapur. Solusinya adalah, tuangkan air panas ke dalam tempat sampah lalu larutkan cairan pembersih ke dalamnya, diamkan beberapa saat. Setelah bau menghilang, buang larutan di dalamnya, lalu keringkan tempat sampah tersebut dibawah terik matahari agar bakteri yang terdapat permukaan bak sampah tersebut mati. Alangkah lebih baik kalau tempat sampah tersebut dipasang kantong plastik sebelum digunakan, seperti gambar dibawah ini, tujuannya agar memudahkan kita dalam membuang sampah juga agar sampah tidak mengenai langsung terhadap tempat sampah yang bisa menimbulkan bau dan kotor.
 2. Membersihkan lap dapur

Lap dapur sudah jelas kotor karena kita sering menggunakannya untuk membersihkan meja dapur, meja makan, lantai dapur dan lain-lain. Cara membersihkannya, larutkan cuka atau pemutih dalam air panas, lalu rendam lap-lap dapur anda di dalam larutan tersebut, agar lap-lap dapur lebih cepat bersih dari noda, maka campurkan sedikit pemutih ke dalam larutan itu. Kemudian bilas lap-lap itu dengan air dingin, lalu keringkan. 
3. Membersihkan kulkas

Kulkas merupakan tempat sementara menyimpan makanan, baik itu makanan yang langsung bisa dimakan ataupun bahan olahan makanan. Agar kulkas tidak berbau, bagian dalam kulkas perlu dibersihkan secara teratur. Caranya, keluarkan semua makanan berikut laci dan rak kulkas yang bisa dilepas. Tuangkan air panas dalam baskom, lalu campurkan cairan pencuci piring dan rendam laci dan rak kulkas di dalamnya. Kemudian lap dan bilaslah bagian-bagian tersebut dan gunakanlah larutan yang sama untuk mengelap bagian luar kulkas. Kemudian oleskan larutan soda kue dicampur  air pada noda yang membandel di pintu kulkas, lalu diamkan sebentar, setelah itu bersihkan dengan spons. Agar kulkas tetap bersih dan tidak bau, silahkan atur cara penempatan bahan makanan sesuai kelompoknya, jangan mencampurkan berbagai jenis makanan dalam satu tempat.

4. Membersihkan kompor

Tidak diragukan lagi, bahwa kompor adalah salah satu titik yang paling kotor di dapur kita. Ada banyak, potongan sayur, percikan minyak goreng atau kuah sup yang tumpah di sekitarnya. Baik kompor kompor gas atau kompor listrik tetap sama, semuanya harus dibersihkan. Caranya, tuangkan deterjen cair atau cairan pembersih pada spon, lalu gunakan untuk mengelap seluruh permukaan kompor, jangan ada yang terlewat. Diamkan beberapa saat, usap kembali permukaan kompor tersebut dengan spon. Dengan cara ini insya ALLOH permukaan kompor anda akan bersih tanpa noda. 
5. Membersihkan lantai

Dalam melakukan aktivitas di dapaur, kadang minyak goreng atau kuah santan tumpah ke lantai dan membuat lantai anda lengket. Noda membandel mungkin akan menghiasi lantai dapur bahkan diding dapur kita jika sering terpapar kotoran yang sama dalam jangka panjang. Jika cairan pembersih lantai tak mampu menghilangkannya, Anda bisa menggunakan larutan soda kue dan air hangat.
6. Membersihkan bak cuci piring

Meskipun terkena air terus menerus, bak cuci piring juga bisa bernoda dan kotor. Saringan bak cuci piring sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian siram bak cuci piring tersebut dengan air hangat (bukan air panas atau mendidih karena bisa merusak pipa). Gosok seluruh bagian bak cuci piring secara apik, kemudian teteskan cairan pemutih ke seluruh permukaan bak cuci piring tersebut. Diamkan lima menit, lalu bilas dengan air. Gunakan sarung tangan karet agar tangan tidak iritasi akibat cairan pemutih. Usahakan juga jangan ada air yang tergenang di daerah bak cuci piring, kalau ada air mohon dilap dengan lap kering.

 Sekian tips atau cara membersihkan dapur dari kami, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net